Friday, April 4, 2014

Activation Lock




Apple mulai memperkenalkan aplikasi Find My Iphone sejak pertengahan tahun 2010 untuk mempermudah para pengguna melacak iPhone miliknya, seandainya hilang atau dicuri.

Sayangnya, meskipun telah dilengkapi dengan fitur pengunci dan penghapusan data dari jarak jauh (remote erase) tetapi Find My iPhone memiliki satu kelemahan utama; pengguna dapat dengan mudah melakukan restore ulang dan bisa menggunakan kembali iPhone seseorang yang hilang/dicuri seperti baru. Yup, Find My iPhone akan dengan mudah dilewati hanya dengan restore biasa.
Tapi, itu dulu, sebelum Apple mengintegrasikannya dengan iCloud dan sebelum dirilisnya iOS 7. Kini sejak iOS 7 dirilis Apple telah memperketat keamanan pada iDevice dan menutupi keterbatasan yang ada sebelumnya pada Find My iPhone.
Fitur keamanan terbaru ini disebut dengan Activation Lock.



Apa  itu Activation Lock?
Activation Lock adalah fitur pada iDevice (dengan iOS 7 + Find My iPhone) yang mengharuskan setiap pengguna login menggunakan Apple ID miliknya setiap kali sebuah iDevice direset atau restore. Kalau tidak, atau misalnya password yang dimasukkan salah, maka iDevice akan tidak bisa digunakan untuk seterusnya, kecuali dibuka dengan Apple ID pemilik aslinya. Cukup aman bukan?
Fitur ini sangat ampuh untuk iDevice yang hilang atau dicuri, dan sepengetahuan saya sampai saat ini belum ada cara yang bisa dilakukan untuk mem-bypass atau melewati halaman login dari Activation Lock ini. Oh ya, jangan repot-repot untuk masuk ke DFU Mode ataupun recovery mode karena tindakan ini tidak ada gunanya sama sekali. Oleh karena itu, fitur ini juga bisa mematikan kalau seandainya Anda sendiri yang lupa dengan Apple ID Anda.








 Source : Appbuntu

No comments:

Post a Comment